Kamis, 12 Januari 2017

Bab TIK KLS 9 SMP:SEJARAH INTERNET


Sejarah Internet

Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika,  U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan  untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan  sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini  dikenal dengan nama ARPANET (Advance Research Projects Administration  Network yang merupakan cikal bakal dari internet). Pada 1970, sudah lebih  dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka  dapat saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. 
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail  yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini  begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama,  icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at”  atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan  ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan  komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan  ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton  Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang  menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama  kalinya di Universitas Sussex. 
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976www.google.com, ketika Ratu Inggris  berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di  Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di  ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott,  Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan newsgroups pertama yang diberi  nama USENET. Tahun 1981, France Telecom menciptakan gebrakan dengan  meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang dapat saling menelepon  sambil berhubungan dengan video link. Karena komputer yang membentuk  jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol  resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission  Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP yang kita kenal sebagai 


rangkaian angka yang digunakan untuk mengidentikasi komputer di internet.  Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal  dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara  Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa email dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada  tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain yang kini kita kenal dengan  DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan  yang ada sudah melebihi 1.000 komputer. Pada 1987, jumlah komputer yang  tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih. 
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus  memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah  komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam  setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.  Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee  menemukan program editor dan browser yang dapat menjelajah antara satu  komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu.  Program inilah yang disebut www atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah 
melampaui sejuta komputer dan di tahun yang sama muncul istilah surng the 


internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3.000 alamat halaman  dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet.  Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga  sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0
Internet dan Intranet
Internet dan intranet merupakan dua istilah yang saling mendukung satu  sama lain dalam teknologi komputer. Tahukah kalian pengertian serta manfaat  dari internet dan intranet? 
1.  Pengertian Internet dan Intranet
Internet (Interconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan  akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan  pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol  standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan  mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol standar pada internet dikenal  sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol  ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer tanpa  terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang  digunakan.
Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat,  karena menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media  lain. Keunggulan tersebut, antara lain sebagai berikut:
a. Komunikasi murah 
b. Sumber informasi yang bervariasi 
c. Tantangan baru untuk berusaha
 d. Keterbukaan ediakses dari pihak luar baik melalui VPN maupun media komunikasi umum.  
VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah network yang dibangun  dengan menggunakan sambungan umum untuk menghubungi pemakai. Sebagai  contoh, beberapa komputer dimungkinkan tercipta sebuah networking dengan  menggunakan internet sebagai medium transportasi data. Komputer ini akan  menggunakan enkripsi dan mekanisme keamanan lain untuk menjamin bahwa  hanya orang yang diberi autorisasi yang bisa akses ke dalam network tersebut  dan juga menjamin data tidak disusupi oleh pihak lain.. Jangkauan yang tidak terbatas
         Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protocol TCP/IP 
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang digunakan dalam internal  perusahaan, kantor, bahkan Warnet (Warung Internet) dapat dikategorikan  intranet. Intranet umumnya juga terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan  pertukaran informasi dan data dengan jaringan intranet lainnya (internetworking)  melalui backbone internet.
Salah satu hal terpenting dalam internet/intranet adalah keamanan jaringan 
(network security). Terminologi yang lebih berkembang dari intranet adalah  teknologi extranet yang memiliki pengertian suatu jaringan intranet yang dapat 
diakses dari pihak luar baik melalui VPN maupun media komunikasi umum.  VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah network yang dibangun  dengan menggunakan sambungan umum untuk menghubungi pemakai. Sebagai  contoh, beberapa komputer dimungkinkan tercipta sebuah networking dengan  menggunakan internet sebagai medium transportasi data. Komputer ini akan  menggunakan enkripsi dan mekanisme keamanan lain untuk menjamin bahwa  hanya orang yang diberi autorisasi yang bisa akses ke dalam network tersebut  dan juga menjamin data tidak disusupi oleh pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar